Sunday 15 March 2009

IT - Certification or Experience?

Pertanyaan ini pernah saya dapatkan ketika melihat suatu website forum diskusi dan juga pernah terlontar oleh teman Saya. Entah kenapa Saya terlibat kembali dengan pertanyaan ini ketika interview kerja di suatu perusahaan di Jakarta. Sebenarnya ini pertanyaan lama, ketika suatu perusahaan melakukan penerimaan staf IT,Apakah mereka lebih mempertimbangkan yang berpengalaman atau bersertifikasi,bahkan kedua-duanya?

Di suatu perusahaan bagian IT departemen mungkin staf-nya banyak yang bersertifikasi Microsoft Certified Professional (MCP),CCNA dari Cisco atau yang lainnya.Seorang yang memiliki MCP kebanyakan tidak hanya mengetahui tentang Microsoft bisa saja mereka juga expert dalam penggunaan Linux/Unix tapi tidak mempunyai sertifikat.

Bagi pencari kerja mungkin tidak asing lagi ketika membaca lowongan kerja di suatu perusahaan membutuhkan tenaga IT dengan spesifikasi harus memiliki sertifikat MCSE, MCTS, CCNA,CWNA atau yang lainnya.Apakah itu benar-benar penting? Atau pengalaman dalam implementasi dilapangan tanpa sertifikasi yang lebih penting.

Bersertifikasi dan berpengalaman jelas lebih baik,tapi bagaimana dengan yang hanya bersertifikasi dengan minim pengalaman di suatu perusahaan atau yang hanya berpengalaman saja.

Let me know what you think.

No comments:

Post a Comment